-->

Wednesday, January 8, 2020

Sebuah Karya #3

Langkah pertama memulai yang baru

Ada kalanya kita bosan dengan aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Bekerja pagi-pagi buta hingga senja tiba. Ya memang sih itu membuat tabungan kita berbunga tapi ilmu tidak berkembang. 


Mumpung masih muda, apa salahnya mencoba sesuatu hal baru yang lebih menantang (buka usaha misalnya). Toh kalo gagal juga hanya materi yang terbuang. Dari kegagalan kita juga bisa belajar. Ada pepatah yang bilang "Habiskan jatah gagalmu di usia muda" 



Dalam hidup ini selalu ada langkah pertama untuk sesuatu yang baru. Pertanyaannya, apakah kita mau memulai atau tidak. Karena langkah pertama adalah yg tersulit.

Tapi sebagai manusia kita akan belajar seiring langkah demi langkah yang kita ambil. Beberapa pelajaran berbentuk manis, tidak sedikit pula yang terasa pahit. Tapi apapun itu, pelajaran dalam hidup ini akan membentuk diri kita menjadi manusia yang lebih dewasa.

Dikritik itu hal biasa. Hanya takaran pedasnya saja yang terkadang luar biasa. Bukan alasan untuk berhenti berkarya. Kalau jatuh, coba berdiri lagi. Kalau rusak, coba perbaiki lagi. Kalau gagal, coba belajar lagi. Dan tidak semua hal harus dijelaskan ke semua orang. Setiap orang punya tujuan masing-masing. Hidup ini singkat, terlalu memikirkan semua hal malah jadi tidak nikmat.

0 comments: